Kwarcab Kota Salatiga Gelar Pelatihan Pramuka Peduli Bagi Kwarran

Baru-baru ini Kwarcab Kota Salatiga menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pramuka Peduli bagi Kwartir Ranting tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah di Kwarcab Kota Salatiga. Pelatihan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Kwarcab Kota Salatiga dan merupakan langkah awal rintisan pembentukan Pramuka Peduli di Kota Salatiga.

Kegiatan secara resmi dibuka pada Rabu, 24 November 2021 oleh Kak Haris selaku ketua Kwarcab Kota Salatiga. Kegiatan diselenggarakan di Komplek Kantor Kecamatan Sidomukti dari tanggal 24 sampai dengan 27 November 2021. Pramuka tidak berdiri di menara gading atau hanya sekedar di awang2-awang, tetapi pramuka adalah organisasi yang hadir langsung di masyarakat. Pramuka adalah pemberi solusi, pramuka wajib ikut aktif agar pandemi segera berakhir.

Sejumlah 40 peserta calon pengurus Pramuka Peduli dari perwakilan empat kecamatan yakni Kwaran Sidorejo, Kwaran Sidomukti, Kwaran Argomulyo dan Kwaran Tingkir mengikuti kegiatan dengan antusias dan semangat.

Dihari pertama, materi kegiatan adalah orientasi kursus oleh pinsys, kebijakan Kwarcab oleh ka. Harian Kwarcab Kota Salatiga serta materi Fundamental Kepramukaan dan sejarah Pramuka Peduli oleh Dr. Nana Condro Wasiat, M.Kes dari pelatih Daerah Jawa Tengah. Kemudian dilanjutkan pada hari kedua yakni materi Penanggulangan Bencana, Kemanusiaan dan lingkungan hidup serta manajemen risiko dan duta perubahan perilaku.

Di hari ketiga, ada yang menarik yaitu praktik lapangan membuka dapur umum pada sesi manajemen logistik dan dapur umum dimana para peserta memasak bersama-sama di lapangan kecamatan sidomukti dan membagikan hasil masakannya kepada orang-orang di lokasi sekitar lokasi kegiatan. Dilanjut materi simulasi manajemen bencana (kebakaran) peserta mempraktikkan cara memadamkan api apabila terjadi kebakaran di kehidupan sehari-hari seperti kompor meleduk dsb.

Di hari keempat, sesi penutup peserta membuat program kegiatan, RTL, open forum dan Upacara Penutupan. Kak Sriyanto (Kwaran Tingkir) mewakili para peserta kegiatan dalam kesan dan pesan perwakilan peserta menyampaikan bahwa ke depan setelah terbentuk kepengurusan Pramuka Peduli di Cabang dan Ranting perlu ada dukungan dari semua pihak baik Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Kota Salatiga selaku OPD yang membawahi kegiatan kepramukaan, kwarcab dan kwaran agar hasil kegiatan ini dapat terus berlanjut tidak sampai disini saja.

About the Author

Kang Jhon Maryo

Muslim | Pramuka | Sekedar Pencari Hikmah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these