Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka

A. PENGERTIAN

Tanda Penghargaan adalah tanda yang diberikan kepada seseorang di dalam dan di luar Gerakan Pramuka, sebagai penghargaan atas:
1) perilaku yang luhur, kesetiaan, keaktifan;
2) jasa, karya, dan darma baktinya;
3) keberanian yang luar biasa.
yang dianggap cukup berguna bagi kepentingan dan perkembangan kepramukaan.

No Jenis Penghargaan Gambar
1.

Tanda Penghargaan Kegiatan, yaitu tanda yang diberikan kepada anggota muda Gerakan Pramuka yang telah memperlihatkan keaktifan dan prestasi dalam kegiatan kepramukaan. Tanda penghargaan kegiatan meliputi Tanda Ikut Serta Kegiatan (Tiska) dan Tanda Ikut Serta Bakti Gotong Royong (Tigor).

Tanda Penghargaan ini diberikan oleh Panitia Kegiatan.

2.

Bintang Tahunan Pramuka, yaitu tanda yang diberikan kepada anggota muda Gerakan Pramuka sebagai penghargaan atas kesetiaan kepada organisasi dan keaktifannya sebagai anggota Gerakan Pramuka selama satu tahun atau kelipatannya.

Tanda Penghargaan ini diberikan oleh Gugus Depan.

3. Lencana Pancawarsa, yaitu tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka, sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus menerus.
4. Lencana Wiratama, yaitu tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota Gerakan Pramuka, yang telah:
  1. memperlihatkan keberanian, kesungguhan kerja, dan keuletannya, sehingga berhasil dalam usaha menyelamatkan orang lain secara spontan meskipun usaha itu membahayakan dirinya sendiri, atau
  2. memperlihatkan keberanian, kesungguhan kerja, kesabaran, dan ketekunannya dalam mempertahankan kebaikan dan kebenaran, sehingga berhasil dan bermanfaat bagi kepramukaan.
5. Lencana Karya Bakti, yaitu tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota Gerakan Pramuka yang dengan keikhlasan, pengorbanan, disiplin, dan keberaniannya telah terlibat langsung dan aktif dalam upaya penanggulangan bencana yang merupakan bencana nasional, sehingga bermanfaat bagi kepramukaan, masyarakat, bangsa, dan negara.
6. Lencana Teladan, yaitu tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota muda Gerakan Pramuka yang telah memperlihatkan sikap laku yang utama, yang tampak dari usaha, tanggungjawab, keuletan, kesabaran, ketabahan, kesopanan, keramahtamahan serta akhlak yang luhur, sehingga dirinya dapat menjadi teladan bagi anggota Gerakan Pramuka, keluarga, dan anggota masyarakat lainnya.
7. Lencana Darma Bakti, yaitu tanda penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran, milik, dana dan fasilitas yang cukup besar, dan sangat membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan kepramukaan.
8. Lencana Melati, yaitu tanda penghargaan yang diberikan kepada seorang yang dianggap telah memberikan jasa dan pengabdian yang lebih besar bagi kepentingan kepramukaan.
B. MEKNISME PENGUSULAN

Dalam hal pengusulan Tanda Penghargaan “Lencana Pancawarsa, Lencana Wiratama, Lencana Karya Bakti, Lencana Teladan, Lencana Darma Bakti dan Lencana Melati” adalah diusulkan ke Kwartir Daerah dan atau Kwartir Nasional melalui Kwartir Cabang dengan alur sebagai berikut:

  • Pengusulan diterima Kwarcab Kota Salatiga paling lambat pada minggu kedua bulan maret.
  • Pengusul membawa kelengkapan dokumen pengusulan Tanda Penghargaan ke Sanggar Bakti Kwarcab Kota Salatiga.
  • Petugas menerima dan memeriksa kelengkapan dokumen.
  • Pengusul melengkapi dokumen.
  • Petugas menyerahkan dokumen kepada Dewan Kehormatan Cabang.
  • Kwarcab mengusulkan Tanda Penghargaan kepada Kwartir Daerah Jawa Tengah.
  • Keputusan Tanda Penghargaan diterima adalah menunggu Kwartir Daerah atau Kwartir Nasional.
  • Keterangan lebih lanjut hubungi sekretariat Kwarcab Kota Salatiga / CP: Kak Maryono di nomor WA 085727671140

C. PERSYARATAN DAN DOKUMEN PENDUKUNG

Mengisi Formulir Pengusulan: Form Anggota Muda (UNDUH), Form Anggota Dewasa (UNDUH) dan melengkapi dokumen pendukung masing-masing orang dimasukkan ke dalam map warna: 

  • Pancawarsa I s.d X : Warna Hijau, sejumlah rangkap 2 (dua)
  • Darma Bakti           : Warna Merah, sejumlah rangkap 3 (tiga)
  • Melati                     : Warna Kuning sejumlah rangkap 3 (tiga)
  • Teladan                  : Warna Putih, sejumlah rangkap 3 (tiga)
  • Karya Bakti             : Warna Biru, sejumlah rangkap 3 (tiga)

D. PETUNJUK

1) SK Kwarnas No.175 Tahun 2012 tentang Tanda Penghargaan. UNDUH DISINI

2) SK Kwarnas No.094 Tahun 2006 tentang Penghargaan Lencana Karya Bhakti. UNDUH DISINI

3) SK Kwarda Jawa Tengah No. 25 Tahun 2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah. UNDUH DISINI