Hadir Kembali, Anugerah Kehumasan Pandu Citraloka 2022

Salam Pramuka, merupakan sebuah kabar gembira untuk para pelaku kehumasan Gerakan Pramuka se wilayah Kwartir Daerah Jawa Tengah di pertengahan tahun 2022 ini yakni dengan hadirnya kembali Anugerah Kehumasan Pandu Citraloka. Pandu Citraloka sebagaimana disebutkan di dalam Petunjuk Pelaksanaan pada edaran Kwarda Jawa Tengah Nomor:497/11-D adalah salah satu bentuk inovasi kegiatan bidang kehumasan di Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah. Kata Pandu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti perkumpulan pemuda yang berpakaian seragam khusus bertujuan mendidik anggotanya supaya menjadi orang yang berjiwa ksatria gagah berani dan suka menolong sesama makhluk. Dalam hal ini, kata pandu dimaknai dengan “Pramuka”. Sedangkan istilah Citraloka diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti menggenggam sejarah dunia.

Untuk itu Pandu Citraloka bermakna pramuka yang menggenggam sejarah dunia.

Baca juga: Up Coming!! Anugerah Kehumasan “Pandu Citraloka” Kwarda Jawa Tengah

Tema kegiatan Anugerah Kehumasan Pandu Citraloka Kwartir Daerah Jawa Tengah tahun ini adalah “Tangguh, Terampil, Berkarakter, Aplikatif, Inovatif dan Kreatif” yang kemudian disingkat TAMPIL BAIK. Adapun waktu pelaksanaannya adalah pada bulan Mei s.d September Tahun 2022 dengan menggunakan media hybrid daring (online) dan luring (luring).

Macam lomba dalam rangkaian anugerah kehumasan pandu citraloka yang akan diikuti oleh para pelaku kehumasan se-jawa tengah yaitu sebagai berikut:

  1. Kuis Pandu Citraloka: untuk Pramuka Siaga dan Penggalang (Perorangan mewakili Kwarcab).
  2. Duta Humas Kwarda Jawa Tengah: Untuk Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega (2 orang pa dan 2 orang pi mewakili Kwarcab).
  3. Lomba Pengelolaan Website dan Media Sosial: Khusus untuk Kwarcab.
  4. Iklan Layanan Masyarakat: Untuk Pramuka Penggalang (Tim).
  5. Film Pendek: Untuk Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega (Tim).
  6. Video Pembelajaran: Kolaborasi Pembina dan Pesdik (Tim).
  7. Lomba Podcast Pramuka: Untuk Gudep/Saka/Sako (Tim)

Khusus pada penyelenggaraan Pandu Citraloka tahun ini para peserta harus sudah terdaftar di Sistem Informasi Kepramukaan (SIK) Kwarda Jawa Tengah. Nah, untuk informasi lebih lanjut mengenai Pandu Citraloka maupun Sistem Informasi Kepramukaan, dapat menghubungi Humas dan admin SIK Kwarcab masing-masing.

HUMAS KWARCAB KOTA SALATIGA

Nara Hubung/Staf Kwarcab: Maryono (085727671140)

EdaranKwarda Jawa Tengah
Nomor497/11-D
LampiranPetunjuk Pelaksanaan Anugerah Kehumasan Pandu Citraloka 2022
UnduhKlik di sini

Kontributor Berita

Kang Maryono

Staf Kwarcab Kota Salatiga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga :