KMD di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Pandemi COVID-19 memang belum berakhir. Namun dalam rangka mencetak para Pembina Pramuka yang mahir agar nantinya dapat mendidik para generasi muda Indonesia menjadi generasi yang cakap, berkarakter dan berdaya saing tidaklah berhenti begitu saja. Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Kota Salatiga resmi menyelenggarakan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar atau lebih dikenal dengan sebutan KMD pada tanggal 21 s.d 26 September 2020 baru-baru ini.

Kak Nunuk Dartini menyampaikan materi KMD

Bertempat di Aula Ganesha Dinas Pendidikan Kota Salatiga, Upacara Pembukaan dihadiri oleh Wakil Walikota Salatiga Muh. Haris, S.S., M.Si yang jiga merupakan Ketua Kwarcab Kota Salatiga bertindak selaku Pembina Upacara. Turut hadir pula Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Kota Salatiga, Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga, Kak Nunuk Dartini, S.Pd., M.Si selaku Waka Binawasa dan Ka. Pusdiklatcab beserta para Pelatih Pusdiklatcab Kota Salatiga.

Dalam sambutannya Kak Haris menyampaikan. Serta tidak lupa beliau juga menekankan untuk senantiasa menjaga diri dengan menerapkan protokol pencegahan COVID-19 diantaranya melalui 4M yakni 1) Memakai Masker, 2) Mencuci tangan dengan air mengalir setidaknya selama 16 detik, 3) Menjaga jarak, dan 4) Memanjatkan doa kepada Tuhan agar pandemi segera berakhir.

Penyerahan Bendera Tunggul Pelatihan kepada Pemimpin Kursus

Dikutip dari akun instagram @muhammadharissalatiga, Kak Haris menambahkan pesannya :”Hari ini saya membuka secara resmi kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi Pembina Pramuka di Kota Salatiga. Acara ini dilaksanakan oleh Kwartir Cabang Pramuka Kota Salatiga, di mana saya sebagai ketuanya. Pramuka menjadi wasilah untuk melahirkan generasi unggul dan berkarakter. Menjadi tantangan tersendiri bagi kakak-kakak pembina Pramuka membina adik-adik Pramuka di era adaptasi kebiasaan baru ini. Selamat dan sukses. Semoga Pramuka jaya!

Kegiatan KMD dilaksanakan dalam session indoor di Aula Ganesha Dinas Pendidikan Kota Salatiga dan Session outdoor di Villa & Camping Ground Pinus, Kenteng, Kab. Semarang. Tidak hanya jarak yang perlu dijaga, perkemahan pun dilaksanakan dengan menerapkan 1 tenda untuk 1 orang. Hingga kegiatan ditutup pada Sabtu tanggal 26 September 2020 oleh Kak Nasiruddin (Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Kota Salatiga).

Perkemahan dengan sistem 1 tenda 1 penghuni
Upacara Penutupan oleh Kak Nasiruddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *