Website Pramuka Terpadu, Kwarda Jawa Tengah Pelopor Pemberitaan Kegiatan Kepramukaan

Menarik, hari ini Jumat tanggal 10 Juli 2020 Kwarda Jawa Tengah membuktikan Slogan #SetiapPramukaAdalahKantorBerita dan #SetiapPramukaAdalahPewarta bukanlah slogan kaleng-kaleng di Jawa Tengah. Dan ini bukanlah hal yang mustahil. Pasalnya, Kwarda Jawa Tengah pada tahun ini berupaya memfasilitasi semua Kwarcab dan DKC untuk mengembangkan website untuk masing-masing Cabang maupun DKC. Jika semuanya lengkap setidaknya ada 35 website Cabang, 35 website DKC serta website Kwarda dan DKD. Belum lagi nanti pada perkembangan lebih lanjut dimungkinkan ada lagi sub-sub domain baru.

Pada kesempatan ini, kegiatan Pelatihan Website Kwartir Cabang dan DKC Se-Jawa Tengah Tahun 2020 dilaksanakan secara virtual melalui media Zoom. Kegiatan ini awalnya akan dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2020 namun terkendala dengan adanya Pandemi Virus COVID-19. Pelatihan juga disiarkan secara langsung melalui akun Youtube Kwarda di tautan berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=T3sTwrRtZL0

Dipandu oleh Kak Nur Kholish dari Kwarda Jawa Tengah acara dimulai pada pukul 13.15. Pada kesempatan ini Kak Heru Djatmiko Selaku Waka Kwarda Jawa Tengah Bidang Kehumasan menyampaikan dari 35 Kwarcab tercacat setidaknya sudah ada 10 website Kwarcab yang aktif serta 3 Kwarcab lainnya sudah memiliki website dengan domain sendiri.

Selanjutnya Kak Atikoh selaku Ketua Kwarda dalam sambutannya menyampaikan beberapa poin penting yakni:

  1. Kak Atikoh berharap Pramuka dapat beradaptasi berkegiatan di tengah pandemi. Beliau berterima kasih kepada Kwarcab, Kwaran, DKD maupun DKC serta setiap anggota Gerakan Pramuka yang tetap mewarnai kegiatan kepramukaan melalui media daring.
  2. Kemudian dengan adanya website yang terpadu ini, diharapkan setiap Pramuka dapat mengedukasi masyarakat melalui media pemberitaan daring serta dapat menggaungkan pemberitaan kepramukaan sebagai pusat informasi Gerakan Pramuka.
  3. Kak Atikoh berterima kasih kepada setiap anggota Pramuka yang terlibat dalam upaya-upaya pencegahan Virus Corona, edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat dan kegiatan-kegiatan kepedulian lainnya.
  4. Energi positif kegiatan kepedulian Gerakan Pramuka perlu digaungkan melalui sosial media dan dunia digital lainnya serta jangan sampai kalah dengan aplikasi-aplikasi yang kurang bermanfaat.
  5. Peran media sangatlah penting, dengan adanya pelatihan website ini Kakak-kakak admin website dapat menjadi ujung tombak bagi pemberian informasi kepada masyarakat tentang hal-hal yang positif yang ada di Gerakan Pramuka, jangan sampai masyarakat tidak memahami hanya karena kita tidak menguasai dunia digital saat ini.

Pada sesi selanjutnya, materi pengelolaan wordpress disampaikan oleh Kak Yogie dan Kak Ardho serta dimoderatori oleh Kak Dhigda dari DKD Jawa Tengah. Langkah demi langkah dalam menyiapkan website disampaikan dengan seksama meski sempat terkendala sinyal.

Di sesi penutupan, kembali Kak Heru Djatmiko menyampaikan pada akhir bulan juli direncanakan akan ada pelatihan kehumasan, untuk meningkatkan penulisan Kakak-kakak admin website.

baca juga : https://kotasalatiga.pramukajateng.or.id/portal-kwarcab-se-jawa-tengah/

#SetiapPramukaAdalahPewarta

Salam Pramuka,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *